Sosial Budaya

Jakarta Baru Cepat Tanggap

Jadikan Teman

  |  

Kirim Pesan

Jakarta Baru Cepat Tanggap, terbentuk pada saat kepemimpinan Jokowi_Basuki menjadi Gubernur DKI, yang dimana masyarakat rindu akan pemimpinan seperti beliau yang sangat merakyat. JBCT hadir untuk membantu pemimpin DKI dalam mensosialisasikan program-program DKI, dilain itu kami juga selalu membuat ide baru untuk kepentingan masyarakat, salah satunya program yang kami sosialisasikan adalah Aksi_Jakarta_Bersih yang bertujuan untuk menyadarkan masyarakat bahhwa pentingnya menjaga kebersihan.. selain itu, kami selalu terbuka untuk masyarakat yang ingin memberikan ide kreatif dalam menjaga ke...

Aksi untuk Jakarta Baru

OPINI | 15 May 2013 | 01:58 Dibaca: 23   0

Kalo dibilang Jakarta banjir mah itu emang kayanya agenda rutin tahunan deh setiap musim hujan tiba. Tapi kalo sampe banjir parah itu terakhir terjadi tahun 2007 silam. Dan tahun ini, ternyata banjir parah terjadi lagi bahkan sampai melumpuhkan dan menghentikan aktifitas Jakarta sebagai ibukota.

Sebagai lembaga sosial kemanusiaan, tentu saja temen-temen JBCT langsung bergerak cepat untuk membantu dan menangani para korban banjir. Pembentukan tim relawan, pembukaan posko dan dapur umum, pembelian logistik bantuan, dan pendistribusian bantuan serta program pemberian layanan kesehatan secara tanggap dilakukan, . Seluruh relawan turut serta membantu tanpa terkecuali, setiap temen-temen dibagi kelompok untuk turun kelapangan membantu para korban banjir di daerah yang sudah terbentuk posko. Tim komunikasi dan informasi data dibentuk guna mengetahui kondisi dan situasi terkini serta terupdate dari setiap posko yang ada.

Sampai saat ini sudah ada beberapa posko yang dibentuk untuk wilayah DKI.

Berhubung sebagai posko pusat logistik dan informasi, kami mendapatkan tempat di balai kota DKI yang notaben nya semua peralatan didapatkan dari temen-temen relawan Jakarta Baru.

Trus kamu ngapain bro! *pasti ada yang nanya gitu kan? ayo ngaku?”. Kalo tugas saya ga jauh-jauh dari tugas sehari-hari, yaitu sebagai call center untuk aksi bencana kali ini, berdua sih sama temen, tapi berhubung dia cowo, jadi dia yang inspeksi kelapangan untuk melihat gimana pencatatan keuangan diposko2. jadi kalo saya sendiri ga ada tuh yang namanya ikutan aksi ke lapangan, bantuin di posko, yang ada malah stay dikantor DKI, nelpon sana sini ke koordinator posko, trus¬† ngasih tau tentang pencatatan pengeluarannya, ngingetin untuk nyimpen bukti baik nota,kuitansi maupun bon, dan tidak lupa pastinya supaya bikin LAPORAN, sekaligus menanyakan bantuan apa yang diperlukan. Soalnya emang peer banget kalo aksi kemanusiaan seperti ini kalo disuruh bikin laporannya *pengalaman selama ini*

Semoga hujan tidak turun lagi ya untuk beberapa hari kedepan, agar banjir segera berlalu, dan para korban bisa kembali kerumahnya masing-masing, dan setelah itu kerja berat membersihkan lumpur, sampah sisa-sisa banjir. Dan beberapa hari kedepan akan ada aksi bersih-bersih jakarta yang akan digelar demi menciptakan Jakarta Baru.

Jakarta Baru Cepat Tanggap….salam Jokowi - Basuki

Tags: Array

Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Kompasianer (anggota Kompasiana) yang menayangkannya.Kompasiana tidak bertanggung jawab atas validitas dan akurasi informasi yang ditulis masing-masing kompasianer.
Tulis Tanggapan Anda
Guest User

Kanal ini hanya menampung kritikan, masukan dan gagasan untuk
Jakarta Lebih Baik.
Tulis opini dan beritamu
untuk Jakarta