Sosial Budaya

Ita Salwa

Jadikan Teman

  |  

Kirim Pesan

Secretary and Management Academy of Bina Sarana Informatika

Budaya kepemimpinan

REP | 13 April 2013 | 13:36 Dibaca: 193   0

Sebagian perusahaan memiliki terminologi kepemimpinan dalam menerapkan nilai estetika kebudayaan tersendiri. Kepemimpinan berperan besar dalam mengemban misi bagi lembaga yang dilayaninya dan beroperasi berdasarkan budaya yang sudah terbentuk. Sistem kepemimpinan yang ada harus bertugas mengembangkan setiap kegiatan kerja menjadi lebih produktif dan membuat motivasi untuk meningkatkan prestasi kerja.

Jika berbicara dalam kebudayaan yang mempengaruhi kepemimpinan, dan berdasarkan penerapan sistem kerja, Asia Timur dan Asia Tenggara memiliki sistem kepemimpinan yang logistik terhadap bawahannya. Lain hanya dengan budaya Indonesia. Sistem kepemimpinan yang banyak dipakai adalah sistem kepemimpinan yang berdasarkan gaya kepemimpinan tokoh bangsa yaitu Ki Hajar Dewantoro yang berbunyi, “Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani.” Yang di depan harus menjadi teladan, di tengah harus mendukung dan di belakang harus mengikuti, merupakan salah satu gaya kepemimpinan dengan landasan budaya Indonesia. Tidak heran jika saat ini Indonesia menjadi negara berkembang dengan mengunakanm sistem budaya dalam kepemimpinan.

Tags:

Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Kompasianer (anggota Kompasiana) yang menayangkannya.Kompasiana tidak bertanggung jawab atas validitas dan akurasi informasi yang ditulis masing-masing kompasianer.
Tulis Tanggapan Anda
Guest User

Kanal ini hanya menampung kritikan, masukan dan gagasan untuk
Jakarta Lebih Baik.
Tulis opini dan beritamu
untuk Jakarta