Back to Kompasiana
Artikel

Sosial Budaya

Nurkala Kalidasa

saya tertarik tentang ramalan jayabaya, uga wangsit siliwangi tentang satrio piningit, ratu adil… saya mencoba selengkapnya

Ciri–ciri Satrio Piningit, Tunjung Putih Semune Pudhak Kasungsang, Bocah Angon, Ratu Adil, Pemuda Bani Tamim, Man From The East, Imam Mahdi

REP | 06 April 2013 | 12:02 Dibaca: 16056   Komentar: 16   1

I. Ciri – ciri satrio piningit berdasarkan ramalan jayabaya:

1. akan ada dewa tampil berbadan manusia berparas seperti Batara Kresna berwatak seperti Baladewa bersenjata trisula wedha (bait 159)

analisa:

- “akan ada dewa berbadan manusia”: menyebutkan bahwa sp berwujud seperti kita manusia biasa, tetapi sejatinya beliau adalah dewa. untuk mengetahui sejatinya seseorang tidaklah mudah, kecuali sesamanya atau lebih tinggi derajatnya. itulah yg menyebabkan sp piningit.

- “berparas seperti Batara Kresna berwatak seperti Baladewa”: meyebutkan bahwa paras sp itu seperti batara kresna (tampan, berwibawa) dan berawatak tegas / saklek seperti baladewa.

- “bersenjata trisula wedha”: untuk kalimat yg satu ini sepertinya di maknai secara tersirat, karena tidaklah mungkin sp yg notabene di pingit itu membawa trisula kemana-mana akan terlihat mencolok yg menyebabkan dirinya tidak piningit lagi bahkan mungkin bisa langsung di kandangin karena terkena pasal membawa senjata tajam. dalam pemaknaan trisula wedha secara garis besar bisa di maknai 3 jadi satu, seperti ilmu amal dan iman, atau bumi langit dan isinya, kiri kanan dan tengah, maupun bener jejeg jujur… apapun itu yg secara filsafat mengandung 3 jadi satu. itu sesuai dengan derajatnya dewa sehingga berkelakuan mulia.

2. sakti mandraguna tanpa aji-aji (bait 162)

analisa:
sp sakti mandraguna tanpa aji inilah, aji itulah apalagi batu inilah, keris itulah dan tetek bengek lainnya. sesuai dengan derajatnya dewa.

3. pandai meramal seperti dewa dapat mengetahui lahirnya kakek, buyut dan canggah anda seolah-olah lahir diwaktu yang sama tidak bisa ditipu karena dapat membaca isi hati bijak, cermat dan sakti mengerti sebelum sesuatu terjadi mengetahui leluhur anda memahami putaran roda zaman Jawa mengerti garis hidup setiap umat tidak khawatir tertelan zaman (bait 167).

analisa:

- “pandai meramal seperti dewa”: seperti diatas di sebutkan, beliau dewa sudah pasti bisa meramal atau mem”baca”

- “tidak bisa di tipu karena dapat membaca isi hati”: hare gene banyak orang laen di hati lain di ucapan (bohong/tipu) tapi si sp karena mengetahui isi hati tidak akan tertipu. tapi mungkin dalam hal menjaga piningitnya beliau pura-pura ketipu.

- “bijak cermat dan sakti”: sesuai dengan derajatnya yang dewa tersebut. kalimat ini juga bisa sebagai acuan mengetahui lahiriah kandange betara (wujud manusia) nya si sp ini dari sisi perbintangan. (kalau ada yg paham boleh di share di sini)

- “mengetahui sesuatu sebelum terjadi”: tampaknya sp memahami filsafat bulet-bulet jadi tau sebab akibat. secara sederhana hukum sebab akibat itu di gambarkan “jika kita berbuat baik maka akan mendapatkan kebaikan pula begitu pul sebaliknya” di tambah lagi dengan pengumpulan data dengan derajat dewanya yang komplit lebih dari manusia biasa seperti kita-kita tentulah membuat sp makin ok aja.

- “tidak khawatir tertelan zaman”: sesuai dengan namanya piningit tentulah beliau tidak akan sibuk memperkenalkan dirinya sebagai sp tersebut dan berusaha teteup eksis di fesbuk atau aktif sosialita.

4. oleh sebab itu carilah satria itu yatim piatu, tak bersanak saudara sudah lulus weda Jawa hanya berpedoman trisula ujung trisulanya sangat tajam membawa maut atau utang nyawa yang tengah pantang berbuat merugikan orang lain yang di kiri dan kanan menolak pencurian dan kejahatan (bait 168)

analisa:

- “oleh sebab itu carilah satria itu yatim piatu, tak bersanak saudara”: secara lahiriah atau wujud pastilah sp memiliki sabab sehingga ada akibat (meiliki orang tua dan saudara), berarti kalimat ini di artikan secara tersirat sesuai dengan derajatnya yg dewa tersebut, dan juga mengarahkan kepada kelakuannya yg tidak akan membeda-bedakan mana yg kakak/adik atau bukan dengan kata lain sp tidak akan kkn lah sehingga berbuat adil.

- “ujung trisulanya sangat tajam membawa maut atau utang nyawa yang tengah pantang berbuat merugikan orang lain yang di kiri dan kanan menolak pencurian dan kejahatan”: sesuai dengan analisa di atas, trisula ini merupakan kelakuan/perbuatan dari sp tersebut.

5. senang menggoda dan minta secara nista (bait 169)

analisa:

senang menggoda bisa di artikan genit, suka bercanda. kalimat minta secara nista adalah bagian dari candaan ataupun godaannya.

6. diterangkan jelas bayang-bayang menjadi terang benderang (bait 170)

analisa:

dengan kemampuannya segala sesuatu yg bayang-bayang atau tidak jelas atau tersamar akan menjadi terang. sesuai dengan jaman sekarang ini yg banyak sejarah di hapus ataupun di belok-belokan sehingga kita kehilangan jati diri kita. sepertinya beliau lah yg akan mampu meluruskan sejarang kita.

7. hanya satu ini yang dapat memberi petunjuk tentang arti dan makna ramalan saya (bait 171)

analisa:

dengan mudah sp dapat memberi petunjuk arti dan makna dari ramalan jayabaya ini.

dari ramalan jayabaya tersebut hanya sedikit kalimat yg menjabarkan sosok fisik satrio piningit, lebih banyak menggambarkan perbuatan dan sifatnya. itu sesuai dengan namanya “piningit”

II. Ciri-ciri tunjung putih semune pudhak kasungsang berdasarkan kitab musasar jayabaya

1. Kemudian kelak akan datang Tunjung putih semune Pudak kasungsang. Lahir di bumi Mekah. Menjadi raja di dunia, bergelar Ratu Amisan, redalah kesengsaraan di bumi, nakhoda ikut ke dalam persidangan.

analisa:

- Tunjung Putih semune Pudak Kesungsang : Raja berhati putih namun masih tersembunyi (Satria Piningit).

- Lahir di bumi Mekah : bisa memiliki makna tersurat lahir di mekah arab ataupun tersirat sebagai orang yang suci (mekah = tanah suci) ataupun santer namanya bergaung (lahir) dari mekah arab yg terkenal bernama hadits.

- menjadi raja di dunia: tunjung putih semune pudhak kasungsang ini akan menjadi raja di dunia yg berarti pemimpin dunia.

- nakhoda ikut ke persidangan: pemimpin yg adil berhubungan dengan kalimat “ratu adil” dari wangsit siliwangi.

2. Raja keturunan waliyullah. Berkedaton dua di Mekah dan Tanah Jawa. Letaknya dekat dengan gunung Perahu, sebelah barat tempuran. Dicintai pasukannya. Memang raja yang terkenal sedunia.

analisa:

- raja keturunan waliyullah: kalimat keturunan waliyullah secara tersurat berarti anak / cucu secara fisik dan secara tersurat adalah waliyullah itu sendiri.

- berkedaton dua di mekah dan tanah jawa: secara tersurat beliau memiliki kedaton 2 di mekah dan tanah jawa dan secara tersirat beliau merupakan orang beragama islam yang lulus wedha jawa. Ataupun pernah di utus di arab juga sesuai dengan ramalan nostradamus ” lama tidak muncul di eropa, ia akan muncul di asia”

3. Waktu itulah ada keadilan. Rakyat pajaknya dinar sebab saya diberi hidangan bunga seruni oleh ki Ajar. Waktu itu pemerintahan raja baik sekali. Orangnya tampan senyumnya manis sekali.

analisa:

- waktu itulah ada keadilan: berhubungan dengan kalimat di wangsit siliwangi “ratu adil”

- orangnya tampan senyumnya manis sekali: kalimat orangnya tampan berhubungan dengan hadits imam mahdi berhidung mancung. sedangkan senyumnya manis sekali menjelaskan bahwa beliau memiliki lesung pipit.

III. Ciri – ciri budak angon (anak gembala) berdasarkan wangsit siliwangi yg merupakan bagian dari pantun bogor berjudul “ngahiyangna pajajaran”:

1. Ada yang berani menelusuri terus menerus, tidak mengindahkan larangan, mencari sambil melawan, melawan sambil tertawa. Dialah Anak Gembala.

analisa:

dalam menelusuri sejarah anak gembala tidak mengindahkan larangan atau pantangan dari penguasa pengganti hingga saat ini bahkan melawan sambil tertawa. sesuai dengan bait jayabaya yg senang menggoda. kalimat anak gembala sendiri dapat di artikan bahwa setiap penggembala tidak akan salah atau tertukar apa yg di gembalakannya. itu sesuai dengan bait jayabaya yg: “asuhannya menjadi perwira perang” dan juga dapat di artikan memimpin yg di pimpin nya (tugas/lakon dari sononya).

2. untuk mengetahui secara lengkap silahkan baca tulisan saya no. 17 yang berjudul “memecahkan wangsit siliwangi memperkokoh rasa cinta tanah air” dengan link :http://nurkalakalidasa.wordpress.com/2009/10/30/memecahkan-misteri-wangsit-siliwangi-memperkokoh-rasa-cinta-tanah-air/

IV. Ciri – ciri ratu adil berdasarkan wangsit siliwangi:

“Tapi ratu siapa? darimana asalnya sang ratu? Nanti juga kalian akan tahu”

analisa:

capedeh

V. Ciri ciri pemuda bani tamim

1. Dari Sauban RA katanya, bersabda Rasulullah SAW,
“Akan berbunuh-bunuhan dekat tempat simpanan Kaabah kamu tiga beradik.Semuanya adalah anak-anak kepada seorang (bekas) khalifah. Kemudian tidak seorang pun antara mereka yang dapat (harta itu atau menjadi khalifah). Kemudian muncullah Panji-panji Hitam dari sebelah Timur, lalu mereka akan membunuh kamu semua dengan satu pembunuhan (yang paling dahsyat) yang belum pernah dilakukan oleh mana-mana kaum pun.” Kemudian baginda menyebutkan sesuatu yang saya tidak berapa ingat. Kemudian baginda bersabda, “Maka apabila kamu semuamelihatnya, hendaklah kamu segera berbaiat kepadanya (Pemuda Bani Tamim itu) walaupun terpaksa merangkak di atas salji kerana di sisinya adalah Khalifah Allah, iaitu Imam Mahdi.” (Ibnu Majah)

analisa:

- “satu pembunuhan yg belum pernah dilakukan oleh kaum manapun”. pembunuhan halal dalam peperangan. berarti kalimat ini membahas tentang peperangan yg belum pernah terjadi cara membunuhnya sejak jaman dahulu. sesuai dengan kalimat ” perange perang tanpa bala (berperang sendiri) pada ramalan jayabaya bait 162. dan juga berhubungan dengan kalimat “bergelar pangeran perang” ramalan jayabaya bait 163.

2. Sabda Nabi SAW,
“Al-Mahdi akan datang setelah munculnya Panji-panji Hitam dari sebelah Timur yang mana pasukan itu selalu tidak pernah kalah dengan pasukan mana pun.”

3. Dari Sauban RA katanya Rasulullah SAW bersabda,
“Panji-panji Hitam akan datang dari arah Timur, hati mereka bagaikan kepingan-kepingan besi. Sesiapa yang mendengar mengenai mereka, datangilah mereka walaupun terpaksa merangkak di atas salji.”

Di antara sifat-sifat yang melekat pada Pemuda Bani Tamim adalah :
* Dia berketurunan Suku Tamim atau Bani Tamim ; Siapa sesungguhnya keturunan Bani Tamim, untuk hal ini terdapat perbedaan ijtihad di kalangan ulama. Di kalangan bangsa Arab ada satu kabilah yang bernama Tamim. Kabilah Tamim ini adalah satu kabilah dari bangsa Quraisy yang mendiami kawasan sekitar kota Makkah. Di antara sahabat yang berasal dari kabilah Tamim ialah sahabat yang paling setia kepada Rasulullah SAW,yaitu Abu Bakar as-Siddiq RA.

Ulama lain berpendapat bahwa pemuda Tamim ini adalah berasal dari keturunan Ahlul Bait.
* Keturunannya sudah bercampur dengan bangsa Timur.Pemuda ini adalah seorang yang keturunan Bani Tamimnya telah bercampur dengan bangsa dari timur, ia lebih dikenal sebagai orang dari bangsa Timurnya daripada suku Tamimnya. Jika orang bertanya kepadanya, “Darimana engkau berasal?” Ia akan menjawab, “Dari Timur.” Jika ditanya pula, “Apa kebangsaanmu?” Pemuda Bani Tamim akan menjawab, “Aku dari bangsa Timur.” Keterangan ini dijelaskan oleh Imam Suyuti dalam kitabnya al-Jami’us Soghir.
* Pemuda itu bernama Syuaib bin Soleh ; Menurut para penafsir nama tersebut bukan nama yang sebenarnya tetapi merujuk kepada suku bangsanya (suku kecil dari suatu bangsa), dia adalah seorang pemuda yang baik dan berasal dari keluarganya yang terkenal berakhlak baik. Dari segi bahasa Arab, kata Syu’bun berarti suku bangsa atau puak dari suatu bangsa. Sedangkan kata Syu’aibun berarti suatu suku kecil dari sebuah kabilah. Kata Bin berasal dari Ibnun artinya anak lelaki, sedangkan kata Soleh berarti orang yang baik, baik namanya, kepribadiannya, akidahnya, keturunannya, agamanya, pemikirannya dan juga akhlaknya.

tambahan:

saya tidak menemukan kalimat dasar yang menyebutkan bahwa pemuda bani tamim muncul di pertemuan 3 arus laut. apabila ada berarti sesuai dengan man from the east nya nostradamus yg muncul di pertemuan 3 lautan. bagi anda yg mengetahui kalimat dasarnya di harapkan untuk membaginya di sini.

VI. Ciri – ciri man from the east dari ramalan nostradamus

II 29

A man from the East will come out of his seat

and will cross the Apennines to see France.

He will cross through the sky, the seas, and snows,

and will strike everyone with his rod.

analisa:

“and will strike everyone with his rod”: menjelaskan pemuda dari timur akan menghancurkan semuanya dengan tongkatnya tidak menyebutkan bala tentranya sesuai dengan ramalan jayabaya “berperang sendiri” dan kalimat “bergelar pangeran perang” tersebut.

X 75

Long awaited he will never return in Europe.

He will appear in Asia;

One of the league issued from great Hermes,

He will grow above all other powers in the Orient.

(In Greek mythology, Hermes is the messenger of the gods.)

analisa:

sebagai pemberian dewa (ramalan jayabaya bait 171)/ utusan tuhan tentulah pemuda dari timur yg sejatinya dewa tersebut (ramalan jayabaya bait 159) telah di titiskan / di taruh di seluruh penjuru dunia (berhubungan dengan kalimat “manusianya satu makamnya ngejuta). berhubungan dengan kalimat tersebut pemuda dari timur pernah di utus di eropa dan akan muncul di asia. dan sesuai dengan kalimat pemuda bani tamim “yg tidak akan terkalahkan oleh pasukan manapun”.

Century 1 Kuantrain 50 tertulis :
De l’aquatique triplicité naistra,
D’vn qui fera le Ieudy pour sa feste:
Son bruit, loz, regne, sa puissance croistra,
Par terre & mer aux Oriens tempeste.

Dari 3 lautan akan terlahir seorang
yang akan menyatakan hari kamis sebagai hari libur.
Ketenaran, kemuliaan, aturan dan kekuasaannya akan tumbuh
melintasi daratan dan lautan membawa bencana bagi timur.

analisa:

pemuda dari timur akan lahir dari pertemuan tiga lautan yg itu adalah indonesia. terlahir di sini bisa secara tersurat dia lahir di indonesia ataupun tersirat muncul dari indonesia. secara spesifik di antara laut cina selatan, laut jawa dan laut indonesia adalah pulau jawa sebagai awal pergerakannya.

Century 2 Kuantrain 27 tertulis :
Le diuin verbe sera du ciel frappé,
Qui ne pourra proceder plus auant:
Du reseruant le secret estoupé,
Qu’on marchera par dessus & deuant.

Suara ilahi akan turun dari langit
dan dia tidak akan pergi lebih jauh lagi.
Rahasia tetap akan tersembunyi hingga turunnya wahyu
Sehingga orang-orang berjalan dengan dan di atas kepala.

analisa:

tampaknya pemuda dari timur tidak akan di ketahui sebelum turunnya wahyu (waktunya). sesuai dengan gelar satrio piningit.

VII. Ciri – ciri imam mahdi berdasarkan hadits

1. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Al-Mahdi itu dari keturunanku, lebar dahinya dan mancung hidungnya. Ia memenuhi bumi dengan kejujuran dan keadilan sebagaimana sebelumnya bumi dipenuhi dengan kezhaliman dan penganiayaan. Ia berkuasa selama tujuh tahun. ” [HR. Abu Dawud 11:375 dan Al Hakim dari Abi Sa'id Al Khudri. Berkata Ibn Qayyim Al Jauziyyah dalam kitab Al Manar Al Munif: "Sanadnya adalah baik"/ Hadits ini dihasankan oleh Al Albani dalam Kitab Takhrijul Misykat dan Shahih Al Jami'].

analisa:

- al mahdi itu dari keturunan ku: jika di artikan tersurat maka al mahdi merupakan anak/cucu dari nabi Muhammad SAW. jika di artikan secara tersirat maka al mahdi tersebut sejatinya sama dengan sejatinya nabi Muhammad tersebut.

- al mahdi berdahi lebar dan berhidung mancung jika secara tersurat. secara tersirat berdahi lebar = berpikiran luas / bisjaksana yang sesuai dengan kalimat bijak, cermat sakti (ramalan jayabaya bait 167). berhidung mancung sendiri memiliki makna tampan sesuai dengan kalimat berparas seperti kresna (ramalan jayabaya bait 159).

- ia memenuhi bumi dengan kejujuran dan keadilan memiliki makna beliau telah lulus wedha jawa, mengerti sesuatu sebelum terjadi dan bersenjata trisula wedha “bener jejeg jujur” sesuai dengan ramalan jayabaya. dan kalimat adil sendiri sesuai dengan kalimat di wangsit siliwangi “ratu adil” berarti pemimpin yg adil yang tidak kkn (penjelasan yatim piatu tidak bersanak saudara pada ramalan jayabaya bait 168 dalam tulisan ini bab I no 4).

- ia memenuhi bumi, berarti al mahdi ini memimpin dunia berhubungan dengan kitab musasar jayabaya “raja dunia”

2. Telah bersabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam “Sungguh bumi ini akan dipenuhi oleh kezhaiman dan kesemena-menaan. Dan apabila kezhaliman serta kesemena-menaan itu telah penuh, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala akan mengutus seorang laki-laki yang berasal dari umatku, namanya seperti namaku, dan nama bapaknya seperti nama bapakku (Muhammad bin ‘Abdullah). Maka ia akan memenuhi bumi dengan keadilan dan kemakmuran sebagaimana ia (bumi) telah dipenuhi sebelum itu oleh kezhaliman dan kesemena-menaan. Di waktu itu langit tidak akan menahan setetes pun dari tetesan airnya, dan bumi pujn tidak akan menahan sedikitpun dari tanaman-tanamannya. Maka ia akan hidup bersama kamu selama 7 tahun atau 8 tahun, dan paling lama 9 tahun.” [HR. Thabrani, Al Bazzar dan Abu Nu'aim. Imam Suyuthi telah menunjukkan akan kesahihannya dalam Kitab Al Jami'. Dishahihkan juga oleh Al-Bani dalam kitab As Silsilah Ash Shahihah nomor 1529]

analisa:

namanya seperti namaku, dan nama bapaknya seperti nama bapakku: jika di artikan secara tersurat, nama al mahdi adalah muhammad bin abdullah, jika di artikan secara tersirat sejatinya al mahdi sama dengan sejatinya nabi muhammad SAW tersebut.

sekedar wacana:
http://haniifa.wordpress.com/2009/07/18/imam-mahdi-adalah-nabi-muhammad-s-a-w-tamat/

3. Telah bersabda Rasulullah Shalallhu ‘alaihi wasallam, “Mahdi berasal dari umatku, yang akan diishlah oleh Allah dalam satu malam.” [HR. Ahmad dalam Musnad dan Ibn Majah dalam Sunannya dari 'Ali Radhiallahu 'anhu. Juga dishahihkan oleh syaikh Ahmad Syakir ketika memberikan komentarnya dalam Musnad Ahmad. Serta dishahihkan Al Albani dalam Ash Shahihah nomor 237]

analisa:

akan di islahkan dalam satu malam:” memiliki makna secara tersurat akan di sahkan dalam waktu satu malam. secara tersirat akan di sahkan dalam waktu singkat. memiliki penjelasan, akan tersembunyi sebelum di sah kan tersebut. sesuai dengan kalimat (satria piningit)

4. Muhammad bin Abdillah Al-Mahdi adalah seorang pemuda yang usianya hampir mencapai empat puluh tahun, warna kulitnya coklat, dahinya lebar, hidungnya mancung, bagian tengahnya agak cembung dan indah dilihat. Gigi serinya berkilat indah, berjenggot tebal, pada pipinya ada tahi lalat. Wajahnya seperti bintang bercahaya. Postur tubuhnya tegap dan tergolong pria yang memiliki daging sedikit (tidak gemuk). Bicaranya gagap, jika ucapannya lambat, ia memukul paha kirinya dengan tangan kanannya, sehingga ucapannya menjadi lancar. Sifat-sifat di atas termuat dalam beberapa hadits shahih, namun sebagian hanya tercantum dalam atsar yang masih diperselisihkan sanadnya. [Di antaranya adalah tentang sifat beliau "jika berbicara gagap dan ia memukul paha kirinya dengan tangan kanannya sehingga ucapannya menjadi lancar" Riwayat ini sangat lemah, karena perawi-perawi lemah, diantaranya Al-Walid, Risydin, Ibnu Lahi'ah dan Maimun Al Qaddah sehingga tidak mungkin dijadikan hujjah]

VIII. Penutup

seperti yang kita ketahui kalimat satrio piningit, tunjung putih semune pudhak kasungsang, bocah angon, ratu adil, pemuda bani tamim, man from the east dan imam mahdi berasal dari bahasa dan waktu yang berbeda – beda. jadi apabila kita mengambil kesimpulan mereka bukan merupakan satu sosok adalah hal yang sangat wajar dan mendasar seperti kalimat nya pun secara mendasar sangatlah berbeda. namun saya ingin menyampaikan sebuah wacana mungkin saja mereka itu semua satu sosok yg di sebutkan dalam kalimat berbeda dalam waktu yang berbeda pula. seperti yang saya uraikan kalimat dasarnya beserta uraiannya secermat mungkin di atas.

tidak hanya itu, kesatria akan muncul di tengah – tengah keonaran untuk menegakkan keadilan dan mereka semua memiliki persamaan dalam tanda besar / tanda alam menjelang kemunculannya.

adapun persamaan tanda alamnya mungkin akan saya bahas di lain tulisan. ataupun jika ada yg bersedia berbagi silahkan menuliskan di kolom komentar tentang persamaan tanda waktu kemunculan mereka.

secara singkat saya buat analisa jika mereka merupakan satu sosok, merupakan tahap metamorfosa dari di sembunyikan sampai di ketahui orang banyak di tulisan no. 07 yang berjudul “menyibak tabir misteri satio piningit, ratu adil, man from the east, pemuda bani tamim dan imam mahdi di link berikut ini: http://nurkalakalidasa.wordpress.com/2009/10/15/menyibak-tabir-misteri-satrio-piningit-ratu-adil-man-from-the-east-pemuda-bani-tamim-imam-mahdi/

seperti yang saya sering tuliskan pada tulisan – tulisan analisa saya sebelumnya, bahwa tulisan ini merupakan analisa sebagai wacana dan bukanlah kepastian. jadi apabila ada kesalahan mohon maaf. dan akan sangat di tunggu kritik dan saran dari para pembaca sekalian..

semoga bermanfaat..

sumber:

http://nurkalakalidasa.wordpress.com/2012/05/25/ciri-ciri-satrio-piningit-tunjung-putih-semune-pudhak-kasungsang-bocah-angon-ratu-adil-pemuda-bani-tamim-man-from-the-east-imam-mahdi/

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

BMI Hongkong Tertipu 60 Juta Oleh “Bule …

Fey Down | | 25 October 2014 | 17:32

ATM Susu …

Gaganawati | | 25 October 2014 | 20:18

[PALU] Kompasiana Nangkring Bareng BKKBN di …

Kompasiana | | 01 October 2014 | 15:12

Gayatri Wailisa, Anggota BIN? Perlukah …

Arnold Adoe | | 25 October 2014 | 16:01

Inilah Daftar Narasumber yang Siap Beraksi …

Kompasiana | | 20 October 2014 | 15:40


TRENDING ARTICLES

Serunya di Balik Layar Pemotretan Presiden …

Gatra Maulana | 7 jam lalu

BMI Hongkong Tertipu 60 Juta Oleh “Bule …

Fey Down | 8 jam lalu

Hatta Rajasa Tahu Siapa Bandit Migas …

Eddy Mesakh | 10 jam lalu

Presiden Jokowi, Ibu Negara, dan …

Sintong Silaban | 10 jam lalu

Kerumitan Membentuk Kabinet …

Mas Isharyanto | 11 jam lalu


HIGHLIGHT

Fakta & Rahasia Saya Tentang Buku …

Indria Salim | 8 jam lalu

Hanya Tontowi/Liliyana di Final Perancis …

Sapardiyono | 8 jam lalu

Pilih Steak Sapi New Zealand Atau Ramen …

Benny Rhamdani | 8 jam lalu

Upacara Adat Satu Suro Kampung Adat Cirendeu …

Sandra Nurdiansyah | 9 jam lalu

50 Yacht Luar Negeri “Serbu” …

Mustafa Kamal | 9 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: