Sosial Budaya

Pks Kedaung Kaliangke

Jadikan Teman

  |  

Kirim Pesan

Jika suka bergabunglah, jika tertarik mendekatlah,jika benci bersabarlah. facebook: pks Kedaung kaliangke, twitter: @pkskedaung

Demografi Kelurahan Kedaung Kaliangke

REP | 08 March 2013 | 16:46 Dibaca: 362   1

Sebagai salah satu kelurahan di Jakarta, mungkin nama kedaung kaliangke tidak terlalu familiar di telinga masyarakat. Namun nama yang tidak terlalu populer tersebut, secara lokasi banyak titik-titik yang populer di masyarakat.

Misalnya kantor pelayanan SIM polda Metro Jaya terletak di jalan Daan Mogot yang tepat berlokasi di RW 06 kelurahan kedaung kaliangke. Ada juga kantor Indosat yang karyawannya lebih populer menyebut dengan Indosat Daan Mogot, ternyata berlokasi di RW 04. Dan yang  tidak kalah fenomenal adalah kampung ambon atau nama resminya komplek permata berlokasi di RW 07. Kampung Ambon ini terkenal sebagai salah satu pasar penjualan Narkoba di Jakarta.

Secara geografis, kelurahan kedaung kaliangke merupakan bagian dari wilayah kecamatan Cengkareng. Dikelilingi oleh 3 sungai besar yaitu sungai cengkareng drain di sebelah barat, sungai cisadane (mookenvart) di sebelah selatan memisahkan satu bagian wilayah RW yaitu RW 08 dan sungai angke di sebelah timur, sedangkan di sisi utara hanya dilintasi oleh sungai yang sudah mengecil dan tidak hidup yaitu sungai apuran. Dari ketiga sungai tersebut penyumbang banjir terbesar di kelurahan ini adalah sungai angke dan sungai cisadane. Ya benar, saat banjir besar di Jakarta Januari lalu 95 % wilayah kedaung kaliangke terendam air dengan kedalaman tertinggi hingga 2 meter.

kelurahan dengan luas 2,61 Km persegi dan berpenduduk lebih dari 10642 kepala keluarga ini sebagian besar wilayahnya terdiri dari pergudangan dan pabrik. selain perkantoran dan pembuatan SIM tadi juga terdapat dua perumahan elit yang ada di pinggiran Daan mogot yaitu perumahan casa jardin dan green mansion.

Dalam bidang pendidikan, terdapat sebuah sekolah tinggi di Kedaung yaitu STT Telkom yang berdekatan dengan kantor Indosat dan SMK Telkom Sandy putra dalam kawasan yang sama. tingkat SLTP hanya ada dua sekolah yakni SMPN 132 dan MTSn 11 yang terletak di kawasan kali mati. Tingkat sekolah dasar terdapat 16 SD Negeri 1 SD Swasta yakni SDIT Al Muttaqin di kalimati dan 1 MIS Nurul Mukmin di Kedaung Pulo.

Bagi PKS di kelurahan ini, kondisi demografi tersebut menjadi tantangan tersendiri karena keberagaman penduduk dan kader yang terbatas. Semoga dapat terus memberikan kontribusi kebaikan bagi masyarakat.

@pkskedaung

Tags: Array

Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Kompasianer (anggota Kompasiana) yang menayangkannya.Kompasiana tidak bertanggung jawab atas validitas dan akurasi informasi yang ditulis masing-masing kompasianer.
Tulis Tanggapan Anda
Guest User

Kanal ini hanya menampung kritikan, masukan dan gagasan untuk
Jakarta Lebih Baik.
Tulis opini dan beritamu
untuk Jakarta