Sosial Budaya

Cara Menanggulangi Banjir

OPINI | 25 January 2013 | 13:57 Dibaca: 5744   1

jaring

jaring

Saran saya dalam menanggulangi banjir adalah setiap selokan diberi jaring yang dipasang dalam jarak tertentu untuk menampung sampah-sampah yang ada di selokan, dan kalau bisa, setiap sungai juga di beri jaring dalam ukuran yang sesuai. Dan dalam jangka waktu tertentu, jaring tersebut harus diangkat untuk diambil sampah-sampah yang tertampung agar saluran selokan tidak tersumbat.

Untuk lebih memaksimalkan penanggulangan banjir, lebih baik pemukiman penduduk di pinggir sungai dialihkan untuk dibuat taman dan penduduk di pinggir sungai tersebut dibuatkan rumah susun. Jika di jakarta sudah tidak mempunyai lahan untuk membangun rumah susun, sebaiknya kantor pemerintahan saja yang di jadikan lahan untuk membangun rumah susun. Alasannya, karena kantor pemerintahan memiliki lahan yang luas. dan kantor pemerintahan dipindahkan saja ke provinsi yang layak.

maaf saya hanya bisa memberi saran dan tidak bisa bertindak, semoga saran saya dapat membantu dalam menanggulangi banjir.


Tags: Array

Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Kompasianer (anggota Kompasiana) yang menayangkannya.Kompasiana tidak bertanggung jawab atas validitas dan akurasi informasi yang ditulis masing-masing kompasianer.
Tulis Tanggapan Anda
Guest User

Kanal ini hanya menampung kritikan, masukan dan gagasan untuk
Jakarta Lebih Baik.
Tulis opini dan beritamu
untuk Jakarta