Potensi Wisata

Dwi Retnaningrum

Jadikan Teman

  |  

Kirim Pesan

saya seorang mahasiswi di Universitas Negeri Yogyakarta

Baru, Curug Banyu Nibo dan Jurang Pulosari! Bukti Potensi Bantul Tiada Habisnya!

OPINI | 11 May 2013 | 12:25 Dibaca: 1   0

Indonesia, sebuah negri yang sangat luar biasa, dengan berbagai kekayaan alam yang luar biasa kaya dan indah. Namun, sisi lain dari kondisi geografis Indonesia yang luar biasa itu, juga terdapat daerah-daerah yang memiliki kondisi geografis kurang baik. Seperti daerah pegunungn yang  gersang dan tandus,  hanya terdapat batu-batu yang tajam, sehingga sangat sulit untuk dijadikan lahan pertanian. Potensi wisata yang ada di Indonesia memang sangat luar biasa, namum bagi masyarakat yang berada di daerah-daerah yang kurang berpotensi wisata, itu merupakan sebuah tantangan besar. Mereka harus mampu menjadikan kekurangan di daerah mereka menjadi sebuah keunggulan.

Kabupaten Bantul, merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang secara geografis terletak antara 07° 44′ 04″ – 08° 00′ 27″ Lintang Selatan dan 110° 12′ 34″ – 110° 31′ 08″ Bujur Timur. Salah satu kecamatan yang berada di lingkup kabupaten Bantul adalah kecamatan Pajangan. Kecamatan ini terletak sebelah barat dari pusat kabupaten Bantul. Secara geografis, kecamatan ini berada di daerah perbukitan yang berbatu. Meskipun demikian, terdapat beberapa objek wisata di kecamatan ini, seperti Goa Slarong (Goa Persembunyian Pangeran Diponegoro di jaman panjajahan), air terjun Slarong, arena motorcross, dan wisata budaya lainnya. Di kecamatan ini lebih banyak objek wisata budayanya dari pada wisata alam, dikarenakan potensi alam yang ada di kecamatan ini belum tereksplor dengan baik.

Baru akhir-akhir inilah, muncul beberapa objek wisata alam baru yang ternyata sangat mengagumkan indah. Kemunculan objek wisata baru ini adalah berkat pemikiran dan usaha masyarakat sekitar bekerjasama dengan Karang Taruna dan pemerintah sekitar. Objek wisata alam itu antara lain adalah Curug Banyu Nibo dan Jurang Pulosari. Objek wisata ini dulunya adalah sebuah tempat di alas (hutan) yang masyarakat menganggapnya biasa saja, namun setelah dieksplor sedikit saja alhasil tempat ini menjadi rujukan tempat wisata yang sangat menarik di kabupaten Bantul.

Curug Banyu Nibo menghadirkan suasana khas perbukitan yang sangat menantang dan menguji adrenalin. Dengan melalui jalan yang berliku dan terjal, semua akan terbayarkan dengan keindahan dan kesegaran air terjun yang cukup tinggi. Air dari air terjun ini berasal dari mata air perbukitan, sehingga bisa digunakan untuk bermain air ataupun mandi. Keunggulan lain dari Curug Banyu Nibo adalah pengunjung dapat mendaki air terjun ini sampai ke atas melewati derasnya air yang mengalir. Menantang dan butuh kerja keras memang, namun pemandangan di atasnya akan sangat memanjakan mata. Karena Curug Banyu Nibo merupakan objek wisata alam yang masih sangat baru, maka mengenai sarana dan prasaranya masih sangat minim. Inilah PR bagi pemerintah dan masyarakat sekitar untuk lebih memajukan objek wisata ini.

Curug Banyu Nibo

Begitupula dengan Jurang Pulosari, di objek wisata alam ini menyuguhkan pnorama jurang dan air terjun yang masih alami dan indah. Untuk mencapai Jurang ini membutuhkan sedikit tenaga ekstra. Sesampainya di Jurang Pulosari, keindahan bukit-bukit yang gersang justru sebagai background dan memperindah air terjun di jurang ini. Wonderful!